Launching Fun Bike Tour De Malindo 2019 Indonesia – Malaysia
Kerjasama Kelompok Kerja/Jawatan kuasa Kerja Sosio Ekonomi Malaysia-Indonesia, atau yang dikenal dengan KK/JKK SOSEK MALINDO, sejak tahun 1984 hasilkan sejumlah kesepakatan bersama dalam rangka untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di kawasan perbatasan, antara lain: pembangunan PLBN Entikong dan Tebedu, kesepakatan antara Entikong dan Badau sebagai pintu ekspor-impor, serta penetapan bersama beberapa exit/entry point, dan masih banyak lagi kesepakatan-kesepakatan yang dicapai oleh kedua negara dalam kerangka Sosek Malindo.

Pontianak (Kalimantan Barat), Analisarakyat.com - Kerjasama perbatasan/sempadan antara Indonesia dan Malaysia telah lama terjalin, terutama di sektor sosio ekonomi. Kerjasama tersebut telah diwujudkan dalam Kelompok Kerja/Jawatan kuasa Kerja Sosio Ekonomi Malaysia-Indonesia, atau yang dikenal dengan KK/JKK SOSEK MALINDO, sejak tahun 1984. Khusus kerjasama Sosek Malindo peringkat Provinsi Kalimantan Barat dan Negeri Sarawak pertama kalinya dilaksanakan persidangan pada tahun 1985.

Perjalanan kerjasama dalam kerangka Sosek Malindo yang sudah berjalan selama kurang lebih 35 tahun, telah menghasilkan sejumlah kesepakatan bersama dalam rangka untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di kawasan perbatasan, antara lain: pembangunan PLBN Entikong dan Tebedu, kesepakatan antara Entikong dan Badau sebagai pintu ekspor-impor, serta penetapan bersama beberapa exit/entry point, dan masih banyak lagi kesepakatan-kesepakatan yang dicapai oleh kedua negara dalam kerangka Sosek Malindo.

Pada Persidangan ke-35 Sosio Ekonomi Malindo tahun 2017 di Surabaya, dan Persidangan ke-36 Sosio Ekonomi Malindo tahun 2018 di Pulau Pinang, kedua negara telah bersepakat untuk meningkatkan hubungan kerjasama perbatasan/sempadan melalui kegiatan bersama Fun Bike Tour De Malindo 2019.

Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri Eko Subowo mengatakan, Fun Bike Tour de Malindo merupakan kegiatan yang sangat strategis, baik untuk hubungan kerjasama bilateral maupun hubungan masyarakat di kawasan perbatasan/sempadan kedua negara, melalui KK/JKK Sosek Malindo.

“Kegiatan Fun Bike Tour de Malindo diharapkan dapat menjadi agenda tahunan yang dilaksanakan secara resiprokal (bergantian) antara Provinsi Kalimantan Barat dan Negeri Sarawak. Pada kegiatan Fun Bike Tour De Malindo yang pertama, Indonesia berkesempatan menjadi tuan rumah. Kegiatan Fun Bike Tour De Malindo tahun ini, akan diselenggarakan pada bulan Agustus 2019, dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan bagi kedua negara.

Ditargetkan peserta yang mengikuti event kegiatan Fun Bike Tour De Malindo ini, dapat diikuti. Tidak saja dari 2 Negeri/Daerah, Kalimantan Barat dan Sarawak, tapi juga dapat minati dari Daerah lain atau Negara lain, dengan jumlah target yang diharapkan ikut berpartisipasi sebesar 300 orang,” kata Eko.

Event Fun Bike Tour De Malindo juga diharapkan dapat memberikan manfaat salah satunya menjadi pendorong perekonomian masyarakat, khususnya di kawasan perbatasan sempadan kedua Negara. Tak hanya itu, event ini juga merupakan bentuk sinergis kerjasama antara berpartisipasi pihak baik antar Lembaga Pemerintah Pusat dan Daerah, juga Pelibatan Organisasi Masyarakat Dunia Olahraga, yaitu, PB Pusat ISSI oleh PB ISSI Provinsi.

Kegiatan Launching Bersama Fun Bike Tour De Malindo juga turut dihadiri oleh Gubernur Kalimantan Barat, serta unsur Forkopimda dan OPD Provinsi Kalimantan Barat, Kabupaten Sambas, dan Kota Singkawang. Turut hadir pula dalam acara Launching ini perwakilan Delegasi Malaysia yaitu Ketua Seksyen Sukan, Kementerian Pelancongan, Kesenian, Kebudayaan, Belia dan Sukan Sarawak, dan Vice President 1 Chairman Technical Committee Malaysia National Cycling Federation. (Red/Puspen Kemendagri)

Posting Komentar

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.