Kemenkeu Raih Hasil Memuaskan dalam Evaluasi SPBE Tahun 2018
Penghargaan diserahkan oleh Wakil Presiden (Wapres) kepada Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) dalam acara Penyerahan Hasil Evaluasi SPBE dengan tema “Mewujudkan SPBE yang Terpadu dan Menyeluruh untuk Mencapai Birokrasi dan Pelayanan Publik yang Berkinerja Tinggi” di Bidakara, Jakarta, Kamis (28/03)/kemenkeu.

Analisarakyat.com, Jakarta - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) meraih penghargaan dengan predikat Memuaskan dalam Evaluasi Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) Tahun 2018 yang diselenggarakan oleh Kementerian PAN-RB. Predikat Memuaskan yang merupakan capaian tertinggi hasil evaluasi SPBE tidak lepas dari sinergi dengan berbagai pihak eksternal Kemenkeu dan seluruh unit Eselon I Kemenkeu.

Penghargaan diserahkan oleh Wakil Presiden (Wapres) kepada Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) dalam acara Penyerahan Hasil Evaluasi SPBE dengan tema “Mewujudkan SPBE yang Terpadu dan Menyeluruh untuk Mencapai Birokrasi dan Pelayanan Publik yang Berkinerja Tinggi” di Bidakara, Jakarta, Kamis (28/03).

Evaluasi SPBE di seluruh Instansi Pemerintah Pusat dan Daerah pada tahun 2018 dilaksanakan berdasarkan Peraturan Menteri PANRB Nomor 5 Tahun 2018 tentang Pedoman Evaluasi SPBE. Tahapan evaluasi SPBE meliputi sosialisasi evaluasi SPBE, evaluasi mandiri, evaluasi dokumen, wawancara, dan observasi lapangan. Penilaian evaluasi SPBE yang objektif dan independen, Kementerian PANRB bekerja sama dengan lima perguruan tinggi di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Presiden Yusuf Kalla berharap adanya jaringan komunikasi nasional yang dapat mengintegrasikan informasi baik antar kementerian, lembaga, hingga pemerintah daerah.

"Harapan kita adalah bagaimana suatu bangsa bisa lebih terpadu, bisa lebih efisien, bisa lebih cepat. Komunikasi layanan bisa lebih baik dan ada standarisasi," kata Wapres.

Menurutnya, dengan perkembangan teknologi internet, perilaku masyarakat dan pelayanan banyak berubah dalam berbagai sektor baik hal perizinan, perbankan hingga perpajakan.

Sementara itu, Menteri PANRB mengatakan bahwa hasil SPBE bukan tentang siapa yang berprestasi atau tidak, tetapi menjadi pijakan awal bagi semua instansi untuk melangkah bersama membangun sistem pemerintahan berbasis elektronik secara nasional. (fir/hpy/nr)

Posting Komentar

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.