Tantangan Buat yang Muda yang Berambisi "Start up Advertorial Creator Reborn"
Ilustrasi berpikir. FOTO/iStockphoto

Analisarakyat.com, Batam (Kepri) - Dalam laporannya, "Menghitung Pajak Youtuber dan Selebgram," Restu Diantina Putri menyebut penghasilan Ria Ricis per bulan ada dalam kisaran USD7 ribu hingga USD124 ribu atau setara Rp98 juta hingga Rp1,7 miliar. Perhitungan tersebut didasarkan pada algoritma socialblade.com, situsweb penyedia data statistik para influencer di media sosial yang berbasis di Amerika Serikat

“Sementara per tahun, dari perhitungan otomatis di kanal YouTube, Ria Ricis bisa mengantongi USD93 ribu hingga USD1,5 juta atau setara Rp1,3 miliar hingga Rp21 miliar,” tulis Restu.

Ria Ricis, nama aslinya Ria Yunita, adalah satu dari sekian banyak orang Indonesia yang berhasil memanfaatkan teknologi—dalam hal ini YouTube dan Instagram—untuk menyalurkan kreativitas sekaligus mendongkrak pendapatannya.

Dua tahun setelah membuat akun YouTube pada 2015, Ria tercatat sebagai perempuan Indonesia pertama yang meraih Gold Play Button: penghargaan buat kreator dengan jumlah pelanggan (subscriber) di atas 1 juta. Dengan semangat menularkan hal-hal positif, konten-konten Ria banyak ditujukan buat anak-anak, misalnya mengulas mainan squishy dan slime.

“Saya menikmati proses dan memegang prinsip bahwa setiap hari harus bergerak," kata Ria, saat diminta tanggapan soal komentar warganet yang menyebut dirinya sebagai salah satu perempuan terkaya di Indonesia.

Dua puluh tahun lalu, YouTuber dan selebgram bukanlah pekerjaan yang terlintas dalam kepala orang-orang. Revolusi Industri 4.0 telah membuatnya ada dan, sekarang, di bawah payung Industri atau Ekonomi Kreatif, Indonesia digadang-gadang sanggup menyerap 54,3 persen tenaga kerjanya ke dalam industri tersebut.

“Ekonomi Kreatif adalah masa depan Indonesia,” kata Agus Martowardojo, mantan Gubernur Bank Indonesia.

Sadar bahwa Industri Kreatif akan berperan penting bagi perekonomian, pada 2015 pemerintah membentuk Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf). Tahun lalu, Kepala Bekraf Triawan Munaf menyebut sumbangan sektor Ekonomi Kreatif terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) bisa melampaui Rp1.000 triliun.

Triawan lantas mengajak sekaligus menantang anak-anak muda Indonesia untuk tidak hanya menjadi pekerja, tapi juga membuka kesempatan kerja dengan mengendarai arus digitalisasi: elemen utama Revolusi 4.0.

“Tren saat ini, anak muda harus kreatif dan apa pun yang dikerjakan harus bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain,” kata Triawan dalam Talkshow Seruput Kopi bertema Generasi Ekonomi Kreatif di Menteng, Rabu (19/12/2018).

Bekraf mendefinisikan Ekonomi Kreatif sebagai konsep yang menempatkan kreativitas dan pengetahuan sebagai aset utama penggerak ekonomi. 16 bidang yang dicakupnya antara lain Aplikasi dan Pengembangan Game; Arsitektur; Desain Produk; Fashion; Desain Interior; Desain Komunikasi Visual; Seni Pertunjukan; Film, Animasi, dan Video; Fotografi; Kriya; Kuliner; Musik; Penerbitan; Periklanan; Seni Rupa; serta Televisi dan Radio.


Tantangan Buat yang Muda yang Berambisi "Start up Advertorial Creator Reborn"


Tantangan untuk Mencipta

Senada dengan Triawan, 3 Indonesia, salah satu penyedia layanan telekomunikasi selular terkemuka di negeri ini, turut menantang anak muda-anak muda untuk mencipta. Wahananya ialah #CreatorReborn, sebuah ajang untuk menemukan dan memelihara para pencipta karya kreatif serta tim-tim e-sport terbaik dari seluruh Indonesia.

“3 Indonesia ingin mewadahi ambisi anak-anak muda Indonesia yang berpotensi besar menggerakkan ekonomi kreatif. Melalui kegiatan ini, kami juga ingin menyebarkan semangat dan edukasi pemanfaatan akses internet dan teknologi digital untuk mengolah ide menjadi karya kreatif berbasis digital serta mengembangkan bakat,” kata Dolly Susanto, Chief Commercial Officer 3 Indonesia.

#CreatorReborn terdiri dari dua kategori besar, yaitu kompetisi karya kreatif dan kompetisi e-sport. Karya kreatif meliputi dance music dan film pendek. Setelah proses seleksi, daftar 10 karya terbaik dari setiap kategori akan diperas lagi menjadi dua karya kreatif terbaik saja.

Para pemenang berhak mengikuti perhelatan industri kreatif berskala internasional di Amerika Serikat. Selain itu, mereka jug berkesempatan dipilih menjadi pemenang favorit.

“Industri kreatif menciptakan potensi bisnis besar. Internet dan perkembangan teknologi, ditambah ide cemerlang, bisa menciptakan banyak hal positif bagi industri kreatif dan melahirkan banyak peluang bisnis,” ujar Dolly lagi.

Selain karya kreatif, kompetisi e-sport, sebuah cabang olah raga pertandingan gim-gim daring, juga dinilai berpotensi memberikan kontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi digital.

“Ajang ini digelar guna memberikan inspirasi positif bagi para online gamers, agar mereka dapat mengembangkan hobi dan bakat hingga menjadi gamers profesional berprestasi, serta untuk menyebarkan nilai sportivitas. Semangat ini akan meningkatkan pemberdayaan generasi muda menjadi pendorong ekonomi digital di Indonesia,” terang Dolly.

Gim yang diperlombakan adalah PUBG, yang kini digemari banyak anak muda Indonesia. Kompetisi dimulai dengan seleksi skuad di 36 kota dan berakhir setelah pertandingan final pada ajang BimaDay. Skuad-skuad pemenang akan mendapatkan hadiah uang tunai dengan total sebesar Rp63 juta dan kesempatan mengikuti bootcamp bersama EVOS, tim e-sport papan atas Indonesia yang prestasinya mendunia setelah memenangi berbagai kompetisi bergengsi seperti Arena of Valor, Counter Strike, Dota 2, FIFA, Mobile Legends, dan sebagainya.

Kompetisi #CreatorReborn merupakan rangkaian kegiatan dari program utama BimaDay yang akan berlangsung pada Maret 2019 di Bandung. BimaDay sendiri merupakan pesta kreativitas dan aktualisasi anak muda Indonesia yang memiliki ambisi besar di industri kreatif.

Sebagai digital dan creative hub milik 3 Indonesia, bima+ divisualkan sebagai platform bagi anak muda Indonesia untuk mewujudkan ambisi. Ajang ini akan menampilkan karya-karya kreatif start up muda binaan 3 Indonesia, musisi berbakat binaan 3 Indonesia yang tergabung di album Sound of 3, musisi papan atas yang sudah dikenal luas di kalangan anak muda, serta gelar wicara interaktif bersama para pakar di bidang industri kreatif.

Ajang tersebut sekaligus menjadi final pemilihan karya kreatif dance music dan film pendek. Creator Reborn berhadiah paket Edutrip ke Amerika Serikat dan dana jutaan rupiah. Penyampaian karya dan babak penyisihan dibuka mulai 16 Desember 2018 hingga 17 Februari 2019.

“Orang kreatif,” kata penulis Amerika Ayn Rand, “didorong gairah untuk mencapai, bukan gairah untuk mengalahkan orang lain.” Dan ajang #CreatorReborn—dapatkan informasi selengkapnya di tautan ini—pada dasarnya dimaksudkan untuk memantik gairah itu. (Tirto/***)

Posting Komentar

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.